Patung Harimau dari Kayu Jati

Pembuatan  karya Patung harimau jawa yang terbuat dari kayu jati perhutani dengan kualitas yang tidak diragukan kekeringannya.  Proses pembuatannya dimulai dari beberapa sketch untuk mengetahui anatomy dan bentuk global patung tersebut. Pembuatan patung ini dilakukan secara manual dengan kemampuan pematung yang tidak diragukan lagi dari seniman pilihan Kartini Crafts,

proses kedua pembentukan anatomy untuk mengetahui panjang dan tinggi patung harimau yang telah disetujui dari pihak pemesan. Proses berikutnya adalah detail bentuk yang tidak bisa dikerjakan satu persatu,  harus secara keseluruhan dan berjalan dari kepala tubuh kaki dan ekor.

 

 

patung-kayu-anatomi-harimau-jawa-kartini-crafts-jepara

 

patung-hewan-harimau-kayu-jati-kartini-crafts-jepara

 

Proses inilah yang sangat lama untuk mencapai bentuk anatomi yang baik. Berikutnya proses pembuatan detail kepala harimau yang dimulai dari bagian mulut, gigi dan lidah jga berlanjut pada bagian bentuk jari, kuku dibagian kaki patung harimau. Setelah proses bentuk sudah bagus tahap berikutnya pembuatan lurik atau motif garis di patung harimau dengan tehnik pahatan lemahan.

Selanjutnya proses terakhir dengan finishing karakter klasik oleh permintaan konsumen.

Proses finishing ini menggunakan tehnik pelitur yang dicampur plingkut/gliss hitam untuk menimbulkan bentuk tiga dimensi dibagian bagian patung kayu harimau.

Dalam pembuatan patung kayu harimau minimal memerlukan waktu 40 hari.